Multimedia (1)

TUGAS MULTIMEDIA

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video. Pada tugas multimedia ini akan dibahas mengenai perbedaan teknik kompresi dari elemen – elemen multimedia, yaitu teks, audio, gambar, video dan mengenai aplikasi kompresi yaitu zip dan rar.

Teks
Berdasarkan yang telah dilakukan yaitu mencoba menyimpan teks dengan format word dan txt dengan isi file yang sama, maka didapat perbandingan:


Jadi perbandingannya bisa mencapai 1:7, dimana format txt hanya sedikit membutuhkan memori di disk, tetapi format ini tidak menyediakan fasilitas pengaturan seperti di word(.doc).

Audio
Dalam kompresi audio dikenal istilah ekstensi file antara lain mp3, wma, wav, aac, flac. Untuk mengetahui perbandingan antara ke lima ekstensi (kompresi) ini dilakukan perubahan ekstensi file dari mp3 ke ekstensi lainnya. Dimana digunakan satu lagu Project POP (batal Kawin) dengan besar kapasitas file adalah 4,2 MB. Dan hasil perbandingannya didapat tabel sbb:

Jadi teknik kompresi yang menghasilkan kapasitas terkecil adalah aac dan yang terbesar adalah wav.

0 komentar:

Posting Komentar