Dilematis

0 komentar
Ini mungkin sebuah cerita dilematis seorang mantan mahasiswa berprestasi (katanya...) begini ceritanya.....yuks mariii disimaks :)

Dia adalah seorang lulusan fast track di salah satu universitas swasta,lulus dengan predikat yang cukup baik dengan gelar yang wow?! Sebelum lulus kuliah pun dia telah berpikir mau dibawa kemana kehidupannya nanti?! Tapi lama2 dia pikirkan dia akhirnya memutuskan... ah liat nanti aja deh.... :( the show must goon toh, let it be ja deh...

Yah dilematis memang jadi seorang sarjana yang alhamdulillah punya nilai bagus...tapi kata orang "kok cuman jadi seorang guru?". Bahkan orang tua yang sangat ingin dia buat bangga pun seperti mencibirnya. Padahal apa seh salahnya menjadi seorang guru....??
Apa karena dia seharusnya memiliki pekerjaan lain yang lebih bonafid?! Tapi apa contohnya??! Jadi marketer??Bussinessman?? Toh itu bukan apa yang "sreg" di hatinya.



Tapi baru sekarang dia merasakan kehampaan dan kebingungan dari orang2 yang bertanya "sekaramg kerja dimana?" Mau dijawab nganggur...gak juga, toh dia menjadi seorang guru di salah satu sekolah di daerahnya...so dia bukan pengangguran toh, dia adalah seorang bapak guru....tapi kenapa ya sang orangtua tetep kekeh bertanya " WHAT NEXT"....apa salahnya dengan seorang guru????

DILEMATIS :)

Senyum...Senyum,,,Senyum,,,, :)

2 komentar
Senyum adalah ekspresi yang menceritakan sebuah kebahagiaan, kesenangan dan ketenangan. Sebuah anugerah yang diberikan kepada siapa saja. Tidak mengenal kelas, status sosial, ras dan warna kulit.

Bedanya barangkali terletak pada pemicu senyum bagi masing-masing individu. Bagi petani yang hidup di desa terpencil pada sebuah lereng gunung, mungkin derai dedaunan, rintik hujan atau sekedar tumbuhnya padi yang ia tebar cukup untuk menjadi pemicu sebuah senyuman.

Disamping ekspresi dari sebuah kebahagiaan, senyum juga merupakan simbol dari rasa syukur. Dimana kata syukur dalam bahasa yang lebih kita fahami adalah "pengakuan dari sebuah kenikmatan". Senyum adalah wujud minimal dari pengakuan itu. Dari senyum maka lahirlah kalimat " alhamdulillah".

Dari senyum maka lahirlah rasa berbagi dan lain sebagainya.
Jika demikian, maka sebenarnya kita memiliki stok senyum yang tidak terbatas. Karena kita dilingkupi nikmat yang tidak terbatas. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, semuanya penuh dengan kenikmatan.
Bahkan kesedihan sekalipun.

Karenanya pernah ada sebuah cerita tentang seorang teman yang sudah ia anggap adik menangis, ia tersenyum dan ia katakan sama teman nya. "Teruskanlah menangis, tapi kalau sudah selesai menangisnya,.. tersenyum ya".

Spontan saja teman nya tersenyum meski masih diiringi isakan, lalu protes,"aku masih sedih kok disuruh tersenyum tow bang". Spontan iakatakan, " Ya harus senyum,...coba kalau kamu tidak bisa sedih, tidak bisa menangis,... karenanya tersenyumlah karena kamu masih dikaruniai nikmat sedih dan nikmat menangis".

Kita mungkin tidak akan bisa melihat indahnya pelangi jika tanpa hujan dan indahnya matahari, tersenyumlah.



Jika kita mampu menangkap segala kenikmatan yang kita rasakan, kenikmatan setiap udara yang kita hirup, setiap tatapan mata kita, setiap pendengaran kita, setiap denyut nadi dan detak jantung kita, setiap tapak kaki yang kita ayunkan, setiap gerakan dari anggota badan kita. Maka hidup kita akan penuh dengan senyum. Lalu kita akan melihat betapa banyak kenikmatan yang kita rasakan. Bahkan kenikmatan itu terasa bertambah dan bertambah setiap kita mengurai sebuah senyuman.

Bahkan ketika masalah terus saja mendera kita, cobalah untuk tetap tersenyum dan bersyukur tetaplah berfikir positif bahwa ALLAH sangat sayang dengan kita, Dia disana sedang memperhatikan kita dengan seksama. Insya ALLAH masalah yang kita hadapi akan terasa lebih ringan dan bahkan akan menemukan banyak sekali jalan keluar. Tetaplah bersyukur (^_^)

Inilah sebenarnya yang telah digariskan Allah dalam al-Qur'an: "Jika kalian semua bersyukur maka akan kami tambah, namun jika kalian mengingkari segala nikmat yang telah kami berikan, maka sesungguhnya azabku sangatlah pedih" ( QS. Ibrahim: 7 )
:)

di kutip dari RKI (by: Ratika)

Untukmu Ayah

0 komentar
Biasanya, bagi seorang anak yang sudah dewasa, yang sedang bekerja diperantauan, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya…..

Akan sering merasa kangen sekali dengan ibunya..
Lalu bagaimana dengan Bapak?

Mungkin karena Ibu lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyata Bapak-lah yang mengingatkan Ibu untuk menelponmu?
Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Bapak bekerja dan dengan wajah lelah Bapak selalu menanyakan pada Ibu tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak kecil……
Bapak biasanya mengajari anaknya naik sepeda.
Dan setelah Bapak mengganggapmu bisa, Bapak akan melepaskan roda bantu di sepedamu…
Kemudian Ibu bilang : “Jangan dulu Pak, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Ibu takut anaknya terjatuh lalu terluka….

Tapi sadarkah kamu?
Bahwa Bapak dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu anaknya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta mainan yang baru, Ibu menatapmu iba.
Tetapi Bapak akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Tahukah kamu, Bapak melakukan itu karena Bapak tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek, Bapak yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata : “Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Ibu yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Bapak benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja…..
Kamu mulai menuntut pada Bapak untuk dapat izin keluar malam, dan Bapak bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Bapak melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Bapak, kamu adalah sesuatu yang sangat - sangat luar biasa berharga..
Setelah itu kamu marah pada Bapak, Ibu datang membujukmu agar tidak marah.
Tahukah kamu, bahwa saat itu Bapak memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Bapak sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu.

Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Bapak melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.
Maka yang dilakukan Bapak adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir…
Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut - larut…
Ketika melihat anaknya pulang larut malam hati Bapak akan mengeras dan Bapak memarahimu.. .

Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Bapak akan segera datang?
“Bahwa anak kecilnya akan segera pergi meninggalkan Bapak”



Setelah lulus SMA, Bapak akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Yang terbaik.
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Bapak itu semata - mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti…
Tapi toh Bapak tetap tersenyum dan mendukungmu atas pilihan anak-anaknya.

Ketika kamu menjadi dewasa….
Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain…
Bapak harus melepasmu di bandara.
Tahukah kamu bahwa badan Bapak terasa kaku untuk memelukmu?
Bapak hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini - itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal Bapak ingin sekali menangis seperti Ibu dan memelukmu erat-erat.
Yang Bapak lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata “Jaga dirimu baik-baik ya sayang”.
Bapak melakukan itu semua agar kamu KUAT….kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Bapak.
Bapak pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.
Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta mainan, dan Bapak tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan…

Kata-kata yang keluar dari mulut Bapak adalah : “Tidak…. Tidak bisa!”
Padahal dalam batin Bapak, Ia sangat ingin mengatakan “Iya sayang, nanti Bapak belikan untukmu”.
Tahukah kamu bahwa pada saat itu Bapak merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda dan akan diwisuda sebagai seorang sarjana.
Bapak adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.
Bapak akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “anak-anaknya tidak manja, berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang”

Dan akhirnya….

Saat Bapak melihatmu duduk di Panggung Pelaminan nanti bersama seseorang pria yang di anggapnya pantas mendampinginya, Bapak pun tersenyum bahagia….
Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Bapak pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?
Bapak menangis karena Bapak sangat berbahagia, kemudian Bapak berdoa….
Dalam lirih doanya kepada Allah SWT, Bapak berkata: “Ya Tuhan tugasku telah selesai dengan baik…. Lindungilah anak-anakku…
Anak kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi manusia dewasa….
Bahagiakanlah ia bersama …”

Setelah itu nantinya Bapak hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk…
Dengan rambut yang telah dan semakin memutih….
Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya….
Bapak telah menyelesaikan tugasnya….

Bapak kita…
Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…
Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…
Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .
Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal..

Banyak hal yang mungkin tidak bisa dikatakan Bapak… tapi setidaknya kini kita mengerti apa yang tersembunyi dibalik hatinya....
Maafkan kami wahai ayah...kalau sampai saat ini kami belm mampu buatmu bangga....
Terimakasih Abah.... ;)

Apa Bedanya Persepsi, Ilusi dan Halusinasi?

0 komentar
Pada ilmu kejiwaan, kata-kata tersebut sangat akrab bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya. Tapi bagi kita yang awam dari ilmu kejiwaan apa sih sebenarnya persepsi, ilusi, dan halusinasi ?



PERSEPSI
Persepsi adalah hasil interaksi antara dua faktor, yaitu faktor rangsangan sensorik yang tertuju kepada individu atau seseorang dan faktor pengaruh yang mengatur atau mengolah rangsangan itu secara intra-psikis. faktor-faktor pengaruh itu dapat bersifat biologis, sosial, dan psikologis. Karena adanya proses pengaruh-mempengaruhi antara kedua faktor tadi, di mana di dalamnya bergabung pula proses asosiasi, maka terjadilah suatu hasil interaksi tertentu yang bersifat "gambaran psikis".

ILUSI
Ilusi adalah suatu persepsi panca indera yang disebabkan adanya rangsangan panca indera yang ditafsirkan secara salah. Dengan kata lain, ilusi adalah interpretasi yang salah dari suatu rangsangan pada panca indera. Sebagai contoh, seorang penderita dengan perasaan yang bersalah, dapat meng-interpretasikan suara gemerisik daun-daun sebagai suara yang mendekatinya. Ilusi sering terjadi pada saat terjadinya ketakutan yang luar biasa pada penderita atau karena intoksikasi, baik yang disebabkan oleh racun, infeksi, maupun pemakaian narkotika dan zat adiktif.
Ilusi terjadi dalam bermacam-macam bentuk, yaitu
# ilusi visual (penglihatan),
# akustik (pendengaran),
# olfaktorik (pembauan),
# gustatorik (pengecapan), dan
# ilusi taktil (perabaan).

HALUSINASI
Halusinasi adalah persepsi panca indera yang terjadi tanpa adanya rangsangan pada reseptor-reseptor panca indera. Dengan kata lain, halusinasi adalah persepsi tanpa obyek.
Halusinasi merupakan suatu gejala penyakit kejiwaan yang gawat (serius). Individu mendengar suara tanpa adanya rangsangan akustik. Individu melihat sesuatu tanpa adanya rangsangan visual, membau sesuatu tanpa adanya rangsangan dari indera penciuman.
Halusinasi sering dijumpai pada penderita Schizophrenia dan pencandu narkoba.
Schizophrenia adalah kelainan otak yang kronis, parah dan membuatnya tidak berfungsi dan telah dikenal orang disepanjang sejarah. Kelainan ini mempengaruhi sekitar 1 persen orang amerika.
Orang dengan schizophrenia dapat mendengar suara yang tidak didengar orang lain atau mereka dapat percaya bahwa orang lain membaca pikiran mereka, mengendalikan pikiran mereka atau berencana menyakiti mereka. Pengalaman-pengalaman ini amat mengerikan dan dapat menyebabkan ketakutan, kecanduan atau kemarahan yang ekstrim. Orang dengan schizophrenia dapat berbicara yang tidak masuk akal, dapat duduk selama berjam-jam tanpa bergerak atau banyak bicara, atau dapat terlihat baik-baik saja sampai mereka mengatakan apa yang sebenarnya mereka pikirkan.
Halusinasi juga dapat terjadi pada orang normal, yaitu halusinasi yang terjadi pada saat pergantian antara waktu tidur dan waktu bangun. Hal ini disebut halusinasi hypnagogik.
Bermacam-macan bentuk halusinasi:
# Halusinasi akustik (pendengaran)
Halusinasi ini sering berbentuk :
$ Akoasma, yaitu suara-suara yang kacau balau yang tidak dapat dibedakan secara tegas
$ Phonema, yaitu suara-suara yang berbentuk suara jelas seperti yang berasal dari manusia, sehingga penderita mendengar kata-kata atau kalimat kalimat tertentu
# Halusinasi visual (penglihatan)
Penderita melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Halusinasi visual sering menimbulkan ketakutan yang hebat pada penderita.
# Halusinasi olfaktorik (pembauan)
Penderita membau sesuatu yang tidak dia sukai. Halusinasi ini merupakan gambaran dari perasaan bersalah penderita.
# Halusinasi taktil (perabaan)
Halusinasi ini sering dijumpai pada pencandu narkotika dan obat terlarang.
# Halusinasi haptik
Halusinasi ini merupakan suatu persepsi, di mana seolah-olah tubuh penderita bersentuhan secara fisik dengan manusia lain atau benda lain. Seringkali halusinasi haptik ini bercorak seksual, dan sangat sering dijumpai pada pencandu narkoba.
# Halusinasi kinestetik
Penderita merasa bahwa anggota tubuhnya terlepas dari tubuhnya, mengalami perubahan bentuk, dan bergerak sendiri. Hal ini sering terjadi pada penderita Schizophrenia dan pencandu narkoba.
# Halusinasi autoskopi
Penderita seolah-olah melihat dirinya sendiri berdiri di hadapannya.

Gimana sekarang dah lumayan paham kan bedanya? Semoga dengan tahu bedanya kita bisa menghindari diri kita dan lingkungan dari dampak negatif lingkungan terutama menjauhkan kita dari halusinasi yang berlebihan alias Schizophrenia...amin!
Semoga tulisan ini bisa membantu kita untuk lebih paham beda antara ketiganya... :-)

sumber: wikipedia dan berbagai sumber

Buta Warna

1 komentar
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.
Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.
Ini berarti bahwa panjang gelombang di atas atau di bawah dari kisaran 380-780 nanometer tidak dapat ditangkap oleh mata..Wah berarti sebenarnya sangat amat banyak warna di dunia ini ya!Kalo aja semua gelombang warna tsb bisa kita tangkap gimana y??? :-O
Berbicara soal warna, pasti kita pernah denger istilah buta warna. Sebenarnya apa seh yang dimaksud buta warna itu ya??


Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.
Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X.
Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang wanita terdapat istilah 'pembawa sifat' hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya.
Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna.
JENIS BUTA WARNA
Buta warna sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis yaitu trikromasi, dikromasi dan monokromasi.
Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Ada tiga macam trikomasi yaitu:
* -Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah,
* -Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau,
* -Tritanomali (low blue) yaitu kelemahan warna biru.
Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, tediri dari:
* -protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang,
* -deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerujut yang peka terhadap hijau, dan
* -tritanopia untuk warna biru.
Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna. Hanya warna hitam dan putih yang mampu diterima retina.

FAKTA MENGENAI BUTA WARNA
Fakta-fakta tentang Buta Warna:
1. Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.
2. Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.
3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita, akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8 -12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase perempuan Eropa yang buta warna adalah 0,5 -1%. Tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.
4. Tidak ada cara untuk mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. Sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa pekerjanya harus tidak buta warna.
5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna, dilakukan tes dengan menggunakan plat bernama Ishihara.
6. Sering kali orang awam menganggap penyandang buta warna hanya mampu melihat warna hitam dan putih, seperti menonton film bisu hitam putih. Anggapan ini sebenarnya salah besar.
7. Banteng ternyata buta warna. Kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.
8. Pada Perang Dunia II, serdadu yang buta warna dikirim untuk melakukan misi tertentu. Ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau dialih fungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.
9. Artis terkenal yang buta warna diantaranya adalah Mark Twain, Paul Newman, Meat Loaf, Bing Cosby, Bob Dole.
10. Setiap orang terlahir buta warna saat pertama kali lahir.
11. Emerson Moser, pembuat krayon senior, mengaku bahwa dirinya buta warna hijau-biru dan tidak mampu melihat warna secara keseluruhan.
12. Penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan "Warna apakah ini?"

So berdasarkan definisi, jenis dan fakta yang terungkap dari penderia buta warna,,,,bersyukurlah kita manusia yang diberikan kesempurnaan dalam penglihatan tanpa cacat atau kelainan buta warna ini. Yuks lebih sering bersyukur, karena kita masih bisa melihat warna-warni dunia yang Allah ciptakan ini... :-)

(wikipedia dan berbagai sumber)

Laser

1 komentar
Laser adalah akronim dari (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation - Pembesaran Cahaya oleh Pancaran Sinar yang Terangsang). Cahaya laser adalah gelombang elektromagnet nampak yang berada di dalam daerah tertentu. Cahaya laser adalah sumber optik yang memancarkan photon dalam pancaran koheren. Cahaya laser biasanya hampir-monokromatik, berbeda dengan sumber cahaya biasa yang memancarkan photon yang dapat dilihat kesemua arah.
Istilah "laser" pertama sekali diperkenalkan pada masyarakat luas oleh Gordon Gould, dalam tulisannya di tahun 1959 "The LASER, Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation". Laser yang pertama dan dapat digunakan dihasilkan oleh Theodore H. Maiman pada tahun 1960 di Hughes Research Laboratories di Malibu, California, Maiman menggunakan keadaan kepadatan sintetik lampu kilat hablur delima untuk menghasilkan laser cahaya merah dengan panjang gelombang 694 nanometer. Kemudian pada tahun yang sama ahli fisika Iran Ali Javan, bersama William Bennet dan Donald Herriot, menghasilkan laser gas pertama dengan menggunakan helium dan neon. Adapun konsep laser semikonduktor merupakan ide dari Basov dan Javan; dan diode laser pertama dihasilkan oleh Robert N. Hall pada tahun 1962. Alat ini diciptakan dengan menggunakan sistem bahan GaAs dan menghasilkan sinar dengan panjang gelombang 850 nm, pada bahagian spektrum hampir infra. Laser semikonduktor pertama dengan pancaran dapat dihasilakn pada tahun yang sama oleh Nick Holonyak, Jr. Sebagaimana dengan laser gas pertama, laser semikonduktor pertama hanya boleh beroperasi secara periodik, dan didinginkan dengan suhu nitrogen cair sekitar 77 Kelvin.

Laser biasanya dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya dalam elektronika. Dalam bidang eletronik, telekomunikasi dan komunikasi data, laser digunakan sebagai pemancar dalam komunikasi optik. Laser digunakan untuk menyimpan dan mengambil data dari cakera padat dan DVD, termasuk juga sebagai cakera magneto-optik. Sinaran atau cahaya laser (gambar) digunakan untuk kesan visual yang memeriahkan dan mengiringi konser - konser musik.
Selain itu laser juga banyak digunakan dalam bidang kesehatan, misalnya untuk operasi mata (lasik) dan khitan.

Ilmu

1 komentar
Bagi laki-laki seperti bagian dua perempuan.” (QS. An-Nisa:11)
Pernah baca ayat ini, atau pernah tahu??
Baru saja saya baca sebuah blog tentang keislaman (http://jilbab.or.id), didalamnya diceritakan sebuah cerita yang mengharukan dan mengagumkan, subhanALLAH.
Secara ringkas cerita dari blog tersebut adalah bahwa ayat di atas menggugah hati seorang dokter non-Muslim yang akhirnya masuk Islam karena keagungan dan kekuasaan ALLAh.... Dia adalah seorang dokter kandungan yang mengalami suatu kejadian yang tak biasa. Pada suatu malam pada saat dia bertugas dan salah satu temannya yang juga seorang dokter kandungan yang menganut Islam sama-sama bekerja menolong persalinan dua orang ibu.
Dokter A menolong seorang ibu yang melahirkan bayi laki-laki, dan seorang dokter lagi sebut saja B menolong ibu yang melahirkan bayi perempuan. Pada malam itu terjadi kesalahan yang tidak disengaja oleh seorang perawat. Dimana perawat ini lupa menulis nama orangtua anak pada lengan si bayi.
Kedua dokter yang bertugas ini sempat merasa bingung dan kalut bagaimana bisa memecahkan masalah ini, lalu dokter A yang adalah seorang muslim mengatakan dia dapat memcahkan masalah ini, dengan cara meneliti ASI dari kedua ibu yang baru saja melahirkan. Ternyata hasilnya cukup membuktikan cuplikan ayat di atas. Dokter A dapat menemukan ibu dari bayinya. Ternyata dari hasil penelitian sang dokter ibu bayi laki-laki memiliki jumlah atau kwantitas ASI yang lebih besar dan kandungan vitamin serta garam yang lebih besar.
Yang lebih mengherankan lagi ternyata jumlah dan kadar vitamin dan garam tersebut dua kali lebih besar dari kandungan ASI si Ibu bayi perempuan...
Dan setelah itu dokter B menyatakan keislamannya secara spontan tanpa ragu-ragu. Berdasarkan hakikat ayat yang baru di alami!
Maha Suci Allah Robb semesta alam.